Senin, 30 Desember 2013

Berani dan Jujur Tolak KKN

Mungkin dengan keberanian dan kejujuran, maka akan berdampak baik untuk mencegah terjadinya KKN, sehingga tanpa disadari, anda telah berbuat baik dan peduli pada nasib bangsa. Sudahkah hal tersebut anda lakukan ? Jika belum, mulailah sejak dini membiasakan diri berani dan jujur tolak KKN, dimanapun anda berada dan bekerja. Jangan takut sama pimpinan atau atasan anda, sebab apa yang anda lakukan jauh lebih baik, daripada bekerjasama dalam KKN.

Lawan perintah atasan, jika itu bertentangan atau melanggar aturan serta Undang-Undang, apalagi perintah tersebut menyebabkan kerugian negara. Bicarakan empat mata secara berani dan jujur pada pimpinan, jika ada hal yang menurut anda akan menjadi penyebab KKN. Tak perlu berdebat, tetapi sodorkan aturan yang mengikat, jangan lakukan pekerjaan yang membahayakan diri sendiri dan merugikan uang negara. Sebab apa yang anda lakukan, hasilnya tidak akan mendapat berkah dari Tuhan maupun manusia.

Karena anda takut menolak perintah atasan yang sebenarnya melanggar hukum, maka hal tersebut merupakan penyebab KKN yang sering terjadi di Pemerintahan. Seharusnya anda tak perlu takut, sebab yang memberi gaji anda dan pimpinan adalah uang yang bersumber dari rakyat. Saatnya anda harus berani menolak perintah atasan, jika itu disinyalir akan menyebabkan KKN dan kerugian uang negara.